Rabu, 27 Juni 2012

Bahasa Indonesia


Materi Bahasa Indonesia
Kelas VI, Semester 1
Sumber : Buku PKn SD Kelas V/BSE (Ikhwan Sapto Darmono Sudarsih)
STANDAR KOMPETENSI            :
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
KOMPETENSI DASAR      :
1.1  Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan.

SUNGAI URAT NADI KEHIDUPAN DI BUMI
Dari angkasa luar, bumi terlihat seperti dipenuhi urat nadi. Urat nadi tersebut sesungguhnya merupakan sungai-sungai yang mengalir di bumi. Mengalir dari pegunungan-pegunungan hingga bermuara ke laut. Apa yang kamu ketahui tentang sungai?
Kamu tentu tahu, di muka bumi sungai adalah tempat air mengalir. Dari hulu di pegunungan hingga bermuara ke lautan. Bagaimanakah perjalanan sungai dimulai? Saat hujan turun, sebagian air yang menyentuh permukaan bumi diserap oleh pohon dan tumbuh-tumbuhan. Sebagian lain meresap ke dalam tanah dan menjadi air tanah. Nah, sebagian air tanah itu akan muncul ke permukaan sebagai mata air. Kemudian, mengalir di permukaan, sebagai parit-parit kecil. Parit-parit itu saling bergabung dan menjadi sungai kecil. Sungai-sungai kecil saling bergabung hingga membentuk sungai berukuran sedang dan besar. Sebuah daerah tempat semua air hujan di tempat itu mengalir ke satu sungai dinamakan Daerah Aliran Sungai (DAS)
.
Sungai dan Peradaban Manusia
Sepanjang perjalanannya, sungai mengalir dengan membawa air dan sedimen. Sedimen adalah bahan-bahan yang terdapat di dalam air yang bisa menyuburkan lahan. Saat terjadi banjir, sedimen sungai menyebabkan kawasan yang dibanjiri menjadi subur. Tidak heran, lembah-lembah sungai sering kali merupakan kawasan paling subur. Di lembah-lembah yang subur itu, biasanya kota-kota bermunculan.
Manusia telah menggunakan sungai sejak awal peradaban. Di Asia, sudah beribu-ribu tahun lamanya, manusia mengetahui betapa pentingnya menjaga sungai untuk kepentingan masyarakat. Peradaban manusia yang pertama dan cukup maju tumbuh di lembah Sungai Nil sekitar tahun 5000 SM. Lembah Sungai Tigris dan Eufrat di Irak juga merupakan tempat munculnya peradaban manusia. Di India, kita mengenal peradaban maju di lembah Sungai Gangga dan Brahma-Putra. Di Cina, kebudayaan dan peradaban yang maju tumbuh di lembah Sungai Kuning dan Sungai Yangtze.
Manfaat Sungai
Bisakah kamu bayangkan kehidupan bumi tanpa sungai? Wah, pasti tidak, kan? Sungai memiliki manfaat yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sungai menjadi sumber air bersih, terutama di bagian dekat hulu sungai yang airnya belum terkena polusi. Para penduduk sepanjang sungai memanfaatkan air sungai untuk keperluan sehari-hari, seperti untuk air minum, memasak, mencuci, dan mandi. Wah, tetapi jangan bayangkan sungai kotor seperti Ciliwung di Jakarta, ya.
Sungai dan Kehidupan
Sungai juga penting untuk kegiatan perikanan. Khususnya, di sungai-sungai besar yang menjadi tempat hidup beragam ikan dan hewan-hewan lainnya. Sungai-sungai besar menjadi tempat nelayan mencari mata pencaharian. Manfaat sungai dalam pertanian, yang tidak kalah penting, yakni sebagai sumber irigasi. Kawasan-kawasan pertanian yang subur mendapatkan pengairan dari sungai. Belakangan, manusia membendung sungai sebagai sumber irigasi dan sebagai pembangkit tenaga listrik. Pembuatan bendungan-bendungan itu sangat bermanfaat.

Hal – hal penting dalam bacaan di atas adalah :
1.      Sungai/air merupakan urat nadi kehidupan di bumi.
2.      Sungai adalah tempat air mengalir. Dari hulu di pegunungan hingga bermuara ke lautan.
3.      Sungai mengalir dengan membawa air dan sedimen.
4.      Sedimen adalah bahan-bahan yang terdapat di dalam air yang bisa menyuburkan lahan. Saat terjadi banjir, sedimen sungai menyebabkan kawasan yang dibanjiri menjadi subur.
5.      Sungai memiliki manfaat yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sungai menjadi sumber air bersih, terutama di bagian dekat hulu sungai yang airnya belum terkena polusi. Para penduduk sepanjang sungai memanfaatkan air sungai untuk keperluan sehari-hari, seperti untuk air minum, memasak, mencuci, dan mandi.
6.      Sungai juga penting untuk kegiatan perikanan seperti menjadi tempat hidup beragam ikan dan hewan-hewan lainnya.
7.      Manfaat sungai dalam pertanian, yang tidak kalah penting, yakni sebagai sumber irigasi.
8.      manusia membendung sungai sebagai sumber irigasi dan sebagai pembangkit tenaga listrik. Pembuatan bendungan-bendungan itu sangat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar