Rabu, 06 Juni 2012

IPA

KELAS 5 SEMESTER 1
TUMBUHAN HIJAU
Makanan tumbuhan berbeda dengan makanan manusia dan hewan. Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri. Makanan yang dihasilkan merupakan bahan makanan bagi manusia dan hewan. Oleh karena itu tumbuhan disebut penghasil makanan atau produsen
.
A.Fotosintesis
Proses pembuatan makanan pada tumbuhan disebut fotosintesis. Fotosintesis hanya terjadi pada tumbuhan yang berdaun hijau saja. Hal ini karena daun tersebut memiliki klorofil atau zat hijau daun. Klorofil diperlukan untuk proses pembuatan makanan. Klorofil bertugas mengikat cahaya, misalnya cahaya matahari. Apakah bahan yang diperlukan tumbuhan hijau untuk membuat makanannya? Ya, karbon dioksida dan air. Nah sekarang bagaimana proses fotosintesis itu? Air yang berada di dalam tanah diserap oleh bulu-bulu akar dan diangkut sampai ke daun. Alat yang digunakan untuk mengangkut air sampai ke daun yaitu pembuluh kayu. Selain air, tumbuhan memerlukan karbon dioksida. Penyerapan gas karbon dioksida dilakukan oleh tumbuhan melalui stomata dan lentisel. Stomata adalah lubang-lubang kecil pada permukaan daun sehingga sering disebut mulut daun. Sedangkan lentisel adalah lubanglubang kecil pada permukaan batang.
Gambar 1.1 Proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
Apakah bahan yang diperlukan tumbuhan hijau untuk membuat makanannya? Ya, karbon dioksida dan air. Nah sekarang bagaimana proses fotosintesis itu? Air yang berada di dalam tanah diserap oleh bulu-bulu akar dan diangkut sampai ke daun. Alat yang digunakan untuk mengangkut air sampai ke daun yaitu pembuluh kayu. Selain air, tumbuhan memerlukan karbon dioksida. Penyerapan gas karbon dioksida dilakukan oleh tumbuhan melalui stomata dan lentisel.Stomata adalah lubang-lubang kecil pada permukaan daun sehingga sering disebut mulut daun. Sedangkan lentisel adalah lubanglubang kecil pada permukaan batang.
Gambar 1.2 Penampang daun.
Air dan karbon dioksida yang telah terkumpul diolah menjadi makanan. Proses ini terjadi di daun dengan bantuan cahaya. Cahaya berfungsi sebagai sumber energy atau tenaga. Energi ini diserap oleh klorofil dan digunakan untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi karbohidrat (zat gula) dan oksigen. Fotosintesis secara alami terjadi dengan bantuan cahaya yaitu pada siang hari jika matahari bersinar. Proses fotosintesis dapat juga berlangsung malam hari. Hal ini dapat terjadi jika energi yang terkandung dalam cahaya tersebut memenuhi kebutuhan fotosintesis. Hasil dari fotosintesis yaitu karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan melalui pembuluh ayak atau pembuluh tapis. Karbohidrat inilah yang merupakan makanan bagi tumbuhan hijau. Karbohidrat bagi tumbuhan berguna antara lain untuk proses pertumbuhan. Adapun oksigen hasil fotosintesis dikeluarkan ke udara.

B. Hasil Fotosintesis
Hasil fotosintesis adalah oksigen dan karbohidrat. Seperti yang sudah dijelaskan di depan bahwa karbohidrat berfungsi untuk pertumbuhan bagi tanaman. Kelebihan karbohidrat akan disimpan oleh tumbuhan sebagai cadangan makanan. Kumpulan karbohidrat ini diubah menjadi amilum atau zat pati. Jadi cadangan makanan yang tersimpan dalam tumbuhan berupa amilum. Pada saat tidak memungkinkan bagi tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, seperti pada malam hari atau saat kekeringan maka tumbuhan akan memecah amilum. Cadangan makanan pada tumbuhan dapat disimpan di dalam umbi, batang,buah, atau biji. Cadangan makanan inilah yang dikonsumsi manusia.
1. Tumbuhan menyimpan makanan cadangan di dalam umbi. Umbi merupakan bagian tanaman yang mengembang. Umbi berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan makanan cadangan. Ada beberapa macam umbi antara lain seperti berikut umbi batang adalah bagian batang yang menggembung di dalam tanah, contohnya kentang; umbi akar adalah akar yang menggembung, contohnya ketela pohon, dahlia dan talas; umbi lapis adalah bagian batang yang menggembung berlapis-lapis,contohnya bawang merah dan bawang putih.
          umbi batangumbi akar  umbi lapis
2. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam batang, antara lain sagu dan tebu. 
3. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada buah, antara lain pisang, mangga, apel, dan jeruk. 4. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada biji, antara lain kacang tanah, kedelai, padi, dan kacang hijau. 
5. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada daun, antara lain bayam dan kangkung. 

C. Manfaat Tumbuhan Hijau 
Bagi Manusia dan Hewan Selain manusia, hewan juga memanfaatkan tumbuhan. Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan hewan antara lain daun, biji, bunga, dan batang. Daun dan biji umumnya dimakan oleh binatang pemakan tumbuhan (herbivora). Batang dan ranting ada yang dimakan dan ada pula yang digunakan untuk membuat sarang atau tempat tinggal. Manusia memanfaatkan tumbuhan untuk berbagai keperluan, antara lain seperti berikut. 
1. Sumber Makanan 
Tumbuhan bagi manusia dan hewan dimanfaatkan sebagai sumber makanan. Makanan merupakan sumber energi bagi manusia dan hewan. Oleh karena tumbuhan sebagai sumber energi maka tumbuhan disebut produsen. Sedangkan manusia dan hewan disebut konsumen atau pemakai. Tidak semua tumbuhan dapat dimakan oleh manusia. Hanya tumbuh-tumbuhan tertentu yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimakan umumnya merupakan tempat menyimpan cadangan makanan. 
2. Sandang atau Pakaian 
Beberapa jenis pakaian terbuat dari bahan kain katun. Kain katun ini dibuat dari serat yang berasal dari tanaman kapas. 
3. Tempat Tinggal dan Perabot Rumah Tangga 
Beberapa jenis kayu digunakan untuk membuat rumah dan perabot rumah tangga. Misalnya pohon jati dan mahoni dibuat meja, kursi, pintu, dan tiang rumah. 
4. Obat-obatan 
Tumbuhan tertentu dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Misalnya jahe, kunyit, dan temulawak. Sekarang ini telah banyak dihasilkan obat-obatan alami yang diambil dari tumbuh-tumbuhan. 
5. Menyimpan Air 
Tumbuhan juga dimanfaatkan manusia sebagai tempat menyimpan cadangan air dan mencegah erosi. Sekarang ini banyak hutan yang ditebangi. Akibatnya saat musim hujan terjadi banjir serta tanah longsor. Sebaliknya saat musim kemarau, udaranya panas dan terjadi kekurangan air/kekeringan. 
6. Pensuplai Oksigen 
Tumbuhan sebagai pensuplai oksigen yang dibutuhkan manusia dan hewan. Ingat bahwa hasil lain fotosintesis tumbuhan adalah oksigen. Oksigen sangat diperlukan oleh manusia dan hewan untuk bernapas. Selain itu, tumbuhan juga turut menjaga keseimbangan jumlah karbon dioksida di bumi. Karbon dioksida merupakan gas yang berbahaya bagi manusia dan hewan. Karbon dioksida banyak dihasilkan asap kendaraan bermotor dan cerobong asap pabrik. Jadi, tumbuhan hijau membantu menyeimbangkan jumlah gas oksigen dengan karbon dioksida.

D. Dampak Jika Tidak Ada Tumbuhan Hijau 
1. Bumi Terasa Panas Adanya karbon dioksida sebenarnya berfungsi menangkap panas matahari sehingga menghangatkan bumi. Akan tetapi jika jumlahnya berlebihan menyebabkan bumi terasa panas. Jika tidak ada tumbuhan, maka jumlah oksigen dan karbon dioksida tidak seimbang. Akibatnya suhu bumi menjadi naik. 
2. Sumber Air Menjadi Kering Tumbuhan dapat berfungsi sebagai penyimpan air. Saat musim hujan, air terserap ke dalam tanah dan disimpan oleh akar-akar tanaman. Air ini sebagai cadangan saat kemarau. Jika tidak ada tanaman maka air hujan langsung mengalir ke badan air. Dan sebaliknya saat kemarau sumber air menjadi kering. 
3. Tidak Terdapat Kehidupan di Dunia Tumbuhan sebagai penyedia oksigen. Oksigen sangat diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Selain penyedia oksigen, tumbuhan hijau juga sebagai bahan makanan bagi manusia dan hewan. Manusia dan hewan tidak dapat membuat makanan sendiri. Apabila tumbuhan hijau sudah tidak ada maka lambat laun kehidupan di dunia ini akan musnah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar